Trik-trik Microsoft Word
1. Cara membuat garis pada kop surat
Dengan mengetikkan beberapa simbol
seperti “~”,
“_”, “-“, “#”, “=” sebanyak tiga kali lalu menekan enter, anda bisa
membuat garis pada kop surat yang bermacam-macam.
2. Cara cepat membuat halaman baru secara
instan dengan menekan CTRL + ENTER
3. Cara cepat mengubah ukuran font huruf
Blok kalimat > Tekan
ctrl+} untuk memperbesar font dan ctrl+{
untuk memperkecil. Atau tekan ctrl + shift+> untuk
menambah ukuran font dan ctrl+shift+< untuk mengurangi ukuran font.
4. Ketik di area manapun pada sebuah
halaman
Kita bisa menggunakan
sebuah halaman dokumen word seperti sebuah papan tulis dimana kita bisa menulis
di sembarang tempat dengan double klik di area
manapun dalam sebuah halaman dan ketik kata yang ingin ditulis.
5. Menambah filler
Ketika kita ingin
melihat hasil akhir sebuah font, biasanya kita memilih sebuah font kemudian
mengetik kata tak beraturan (filler) atau mem-block sebuah paragraf kemudian
memilih font. Ada sebuah cara untuk menulis filler dengan cepat yaitu dengan
mengetik =rand(p,l) dimana p adalah
jumlah paragraf dan l adalah jumlah kata dalam paragraf tersebut.
Jika kesulitan memahaminya bisa langsung dipraktekkan. Coba buka sebuah halaman
kosong kemudian ketik =rand(4,3) untuk menulis filler sebanyak 4
paragraf yang masing-masing berisi 3 kata lalu tekan enter.
6. Mengulang perintah terakhir
WORD mengingat perintah
terakhir yang Anda lakukan dan dengan menekan tombol F4 akan otomatis mengulang perintah tersebut. Ini
akan sangat berguna ketika kita mengedit sebuah file. Untuk memahaminya coba
Anda block sebuah kata lalu tebali dengan CTRL+B
kemudian block kata lain lalu tekan F4. Selain
F4 bisa juga menggunakan ctrl+y.
7. Blok cepat seluruh paragraph
Untuk memblok sebuah
paragraf, kita terbiasa melakukan drag and down krusor mulai dari
awal sampai akhir paragraf. Ada cara cepat yang lebih mudah. Cukup lakukan klik 3 kali paragraf yang kamu mau, lalu dengan
sendirinya paragraf itu akan ter-blok.
8. Blok cepat satu kalimat
Blok satu kalimat
dengan Ctrl+klik di area kalimat yang kamu
inginkan. Lumayan untuk mempersingkat waktu. Ada satu cara lain untuk
mem-block dalam bentuk kotak seperti marquee tool pada photoshop yaitu dengan
cara tekan alt
dan seret kursor mouse.
9. Ganti Halaman Baru / Automatic Page Break
Setelah Bab 1 selesai,
saatnya kamu melanjutkan ke Bab 2. Itu artinya kamu harus pindah ke halaman
baru. Akan cukup memakan waktu kalau kamu menekan enter berulang-ulang. Tapi
dengan Ctrl+Enter, dengan cepat kamu sudah
berada di halaman baru.
10. Membuka
Microsoft Word dengan menu Run
Dengan menekan tombol windows + R dan mengetik “winword” lalu menekan Enter
maka microsoft word akan otomatis terbuka.
11. Mengatur
spasi dengan cepat
Dengan memblok kalimat
yang Anda inginkan lalu menekan Ctrl + 1.
12. Berpindah Lebih Cepat
Jika anda mempunyai sebuah file
dokumen dengan halaman yang banyak, anda dapat menggunakan shortcut shift+F5 untuk
kembali ke spot terakhir yang kita edit. Trik ini juga bisa digunakan meskipun
file dokumen tersebut baru saja kita tutup.
13. Mengganti Dari Lowercase Ke Uppercase Atau Sebaliknya
Untuk merubah dari huruf kecil
ke huruf besar atau sebaliknya dengan cepat, bisa digunakan shortcut Shift+F3. Caranya kata yang hendak dirubah harus di-block
dulu, setelah itu tekan Shift+f3
beberapa
kali hingga sesuai yang diinginkan. Trik ini sangat berguna ketika kita lupa
mematikan capslock saat mengetik.
14. Memindahkan Text
Cara yang umum digunakan ketika
kita ingin memindahkan text adalah dengan cara copy+hapus+paste. Sebenarnya untuk memindahkan text dengan lebih
cepat kita bisa menggunakan shortcut ctrl+f3 untuk
mengcopy sekaligus menghapus text kemudian tekan ctrl+shift+f3 untuk mem-paste text tersebut. Hal ini bisa
dilakukan juga pada image atau pada text dari file dokumen lain. Cara lain yang
bisa digunakan adalah setelah mem-block tekan tombol F2 kemudian pindahkan kursor ke tempat yang diinginkan
lalu tekan enter.
15. Kalkulator Tersembunyi
Microsoft word memiliki kalkulator tersembunyi yang dapat
menangani operasi aritmatika sederhana yang kamu ketikkan di ms word. Ingat,
hanya operasi sederhana. Kamu akan kecewa jika menggunakannya untuk perhitungan
sinus cosinus yang ribet.
Cara memunculkan kalkulator ini adalah dengan mengakses word options > quick access toolbar.
Pilih all commands kemudian cari fungsi calculate dari
tabel yang ditampilkan. Setelah itu tambahkan fungsi tersebut ke quick access
toolbar dengan menekan ok.
Cara memanfaatkannya, kamu cukup mengetikkan operasi aritmatika
sederhana di word, kemudian memblok operasi bilangan tersebut dan menekan ikon calculate di quick access toolbar milikmu. Nah,
hasilnya akan muncul di sudut kiri bawah (status bar).
16. Mengcopy
format text
Shortcut ini akan
sangat berguna ketika kita hanya ingin mengcopy format sebuah text dan bukan
text-nya sendiri. Block dulu kata yang ingin dicopy formatnya kemudian tekan CTRL+Shift+C untuk mengcopy format text tersebut.
Sedangkan untuk mem-paste bisa digunakan CTRL+Shift+V.
Seperti juga ketika kita mengcopy text dengan CTRL+C,
format text tersebut tetap tersimpan dalam memori komputer selama program WORD
belum kita tutup.
17. Konversi
ke ‘plain text’
Pernahkah anda mencopy paste sebuah
artikel di internet dan ternyata hasilnya di word malah berantakan? Jika anda
ingin menghilangkan styling, anda bisa
mem-block dulu kemudian tekan ctrl+spacebar
atau ctrl+shift+n untuk merubahnya menjadi plain text.
ternyata masih banyak yang belum saya ketahui dari ms word...sangat membantu
BalasHapusSetelah membaca artikel ini... sy berhenti menggunakan ms word
BalasHapusUntuk no. 8, 11 dan 12 sebelumnya saya belum tau caranya, makasih bantuannya :D
BalasHapusmakasih, infonya bagus...
BalasHapus